Kumpulan Makalah, Paper, Tugas Kuliah dan Materi Keperawatan

Kamis, 02 April 2015

Etika Keperawatan: Contoh Komunikasi Terapuetik

Nama   : Riska & Resty Molida
Kelas    : IB/D3
M.A      : Etika Keperawatan
Dosen   : NS.Yenni Lukita,S.Kep


N: Selamat pagi, ibu
P: pagi, sus
N: Perkenalkan bu, nama saya Riska, saya mahasiswa STIK Muhammdiyah, pada hari ini saya     yang bertugas merawat ibu, dan saya bertugas hari ini dari pukul 06.00 -14.00. Bagaimana keadaannya pagi ini, bu?
P: Alhamdulillah, sudah agak mendingan
N: Tadi malam tidurnya nyenyak bu?
P: Tidak terlalu sus, karena perut saya sering terasa sakit dan mual-mual
N: Ibu sudah sarapan? Bagaimana, sarapannya enak bu?
P: Sudah! Sarapannya enak, tetapi saya tidak menghabiskannya karena kalau makan terlalu banyak saya akan merasa mual-mual lagi
N: Baiklah kalau begitu, tidak apa-apa bu. Hanya saja kalau seperti itu ibu harus makan lebih sering dan kami akan berusaha untuk menghidangkan makanan dalam keadaan hangat untuk mengurangi rasa mual ibu.
P: Terima kasih, sus.
N: Baiklah kalau begitu, pagi ini saya akan melakukan pemeriksaan fisik. Tujuannya untuk mengetahui apakah paru-paru ibu mengalami ketidaknormalan serta untuk mengetahui apakah ada sputum/lendir di saluran pernapasan ibu. Karena kemaren ibu mengeluh selain terasa mual-mualyang sangat, ibu juga merasa susah bernapas begitu?
P: Benar sus,
N: Kalau seperti itu, apakah ibu bersedia untuk berkerjasama dan berpartisipasi dalam pemeriksaan ini?
P: Saya bersedia, sus
N: Karena ibu bersedia, saya akan menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu ya,bu
P: Iya
(perawat menyiapkan alat)
N: Ibu, sesuai dengan perjanjian kita tadi, sekarang kita akan melakukan pemeriksaan fisik, apakah ibu bersedia?
P: Iya
N: Baik! Maaf ya bu, saya tutup dulu tirainya, dan maaf, bisa ibu buka dahulu bajunya?
P: ya, sus
(Maka perawat pun melakukan pemeriksaan fisik sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) mulai dari inspeksi, auskultasi, palpasi, perkusi, hingga fisioterapi dada)
N: Bagaimana bu, perasaannya setelah melakukan pemeriksaan fisik tadi?
P: Saya merasa ada sedikit kelegaan pada saluran pernapasan saya, dan saya merasa jalan napas saya lebih teratur
N: Baguslah kalau begitu. Dan hasil dari pemeriksaan tadi, ternyata paru-paru ibu normal hanya saja terdapat banyak lender di saluran pernapasan ibu, itulah yang menyebabkan ibu susah bernapas.
P: Jadi, seperti itu ya, sus?
N: Iya! sekarang pemeriksaan fisiknya sudah selesai dan saya harus ke pasien lain dulu, terima kasih atas kerjasama dan partisipasinya. Kalau ibu ingin bantuan atau apapun silahkan panggil saya. Saya ada di ruangan jaga perawat. Terima kasih ibu, saya permisi dulu
P: Iya, sama-sama sus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Etika Keperawatan: Contoh Komunikasi Terapuetik

0 komentar:

Posting Komentar